Selasa, 07 Februari 2012

Amerika Dominasi Peringkat Universitas

Universitas asal Amerika Serikat mendominasi daftar universitas terbaik di dunia. Berdasarkan peringkat universitas dunia yang dilansir majalah Times Higher Eduaction (THE), universitas asal Amerika dan Inggris menghuni posisi 10 besar. Sebanyak tujuh universitas asal Amerika menempati posisi 10 besar, sementara universitas asal Inggris hanya menempatkan tiga wakil.
THE merupakan majalah mingguan di Inggris dengan spesialisai pendidikan dan dunia kampus. Dalam daftar THE, California Institute of Technology (Caltech) mendepak universitas terkaya di dunia, Harvard dari posisi pertama. Institut dengan spesialisasi teknologi pengetahuan yang berlokasi di Pasadena, California ini merupakan kampus yang relatif kecil. Mahasiswa sarjananya hanya 2 ribu orang dengan staf ‘hanya’ 500 orang. Sebagai perbandingan, Universitas Oxford di Inggris memiliki 21 ribu mahasiswa.
Perwakilan negara bagian California lainnya menempati peringkat ketiga, yaitu Universitas Stanford. Kampus yang berlokasi di Silicon Valley ini merupakan pusat perkembangan dunia digital, termasuk menjadi basis kemunculan mesin pencari, Google. Terakhir, universitas asal California yang masuk 10 besar adalah University of California, Berkeley yang ada di posisi 10. Sementara Boston, memiliki dua institusi dalam daftar sepuluh besar, yakni Harvard (di peringkat dua) dan Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang menempati peringkat tujuh). Demikian seperti dikutip dari BBC, Kamis (6/10/2011).
Tiga universitas asal Inggris yang ada di daftar 10 besar adalah Oxford, Cambridge, dan Imperial College. Di daftar 200 besar, Amerika menempatkan 75 lembaga pendidikan tinggi, sementara universitas asal Inggris menempatkan 32 institusi pendidikan tinggi. Dalam daftar 20 besar, hanya ada satu kampus yang tidak menggunakan bahasa Inggris. Kampus itu adalah ETH Zurich yang berbasis di Swiss.
Dalam membuat peringkat, THE tidak membuat penilaian berdasarkan hasil ujian mahasiswa. Peringkat terbaru ini berdasarkan parameter penelitian yang sudah dilakukan, rasio pengajar dan mahasiswa, gelar PhD yang diberikan, kutipan dari hasil penelitian dan penghargaan mereka atas proporsi tinggi dari pengajar internasional dan mahasiswa. Meski para pemimpin universitas terkadang skeptis dengan peringkat yang dibuat banyak lembaga, setidaknya peringkat universitas global berguna dalam hal pemasaran, terutama untuk merekrut mahasiswa asing.
“Sebanyak 7 juta pelajar diperkirakan akan belajar di luar negara asal mereka pada beberapa tahun mendatang, dan adanya kerja sama penelitian internasional sebagai agenda pemerintah. Untuk itu, peringkat universitas akan lebih penting daripada sebelumnya,” jelas Editor majalah THE, Ann Mroz.
Hal berbeda disampaikan Direktur Russel Group of Universities, Wendy Piatt. “Rangking universitas penuh dengan kesulitan dan kami khawatir dengan akurasi mereka,” jelas Piatt. Namun, dia memperingkatkan, keberhasilan universitas di Inggris terhadap pesaingnya di dunia, tergantung dari pendanaan. “Kami tentu tidak bisa berpuas diri. Pesaing global kami memompa uang hingga miliaran ke dalam perguruan tinggi. Uang benar-benar penting,” tambahnya. Berikut daftar universitas global versi THE (berdasarkan peringkat).
1. California Institute of Technology (Amerika)
2. Universitas Harvard (Amerika)
3. Universitas Stanford (Amerika)
4. Universitas Oxford (Inggris)
5. Universitas Princeton (Amerika)
6. Universitas Cambridge (Inggris)
7. MIT (Amerika)
8. Imperial College (Inggris)
9. Chicago (Amerika)
10. California, Berkeley (Amerika)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar